Tonggak Sejarah

1996

PT Bank Chinatrust Tamara didirikan berdasarkan surat persetujuan prinsip pendirian dari Departemen Keuangan RI No. S-913/MK.17/1996 sebagai Bank Campuran tertanggal 14 Agustus 1996.

1997

PT Bank Chinatrust Tamara commenced operation after obtained Business License decree from Ministry of Finance of Republic Indonesia No. 160/KMK.017/1997 dated April 4, 1997.

2000

Pembukaan 2 (dua) Kantor Cabang di Surabaya dan Bandung berdasarkan surat persetujuan dari Bank Indonesia No. 2/145/DPIP/Prz tertanggal 6 Maret 2000.

2001

  • Chinatrust Commercial Bank meningkatkan kepemilikannya dari 85% menjadi 99%.

  • Perubahan nama PT Bank Chinatrust Tamara menjadi PT Bank Chinatrust Indonesia berdasarkan surat Keputusan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia No. 3/5/KEP.DGS/2001 tertanggal 5 April 2001.

  • Pembukaan Kantor Cabang Pembantu di Cikarang, Jawa Barat berdasarkan surat izin pembukaan kantor dari Bank Indonesia No. 3/699/DPIP/Prz tertanggal 30 November 2001.

2002

Pembukaan 2 (dua) Kantor Cabang Pembantu di Karawaci, Tangerang (Surat persetujuan Bank Indonesia No.4/559/DPIP/Prz tertanggal 9 Oktober 2002) dan Kelapa Gading, Jakarta (Surat izin pembukaan kantor dari Bank Indonesia No. 4/723/DPIP/Prz tertanggal 17 Desember 2002).

2003

Pembukaan Kantor Cabang Pembantu di Mangga Dua, Jakarta berdasarkan Surat Izin Bank Indonesia No.5/739/DPIP/Prz tertanggal 11 Desember 2003.

2005

Penunjukan perusahaan oleh Pemerintah Indonesia untuk membiayai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Taiwan.

2006

Penggunaan identitas baru dan slogan perusahaan – ‘We are Family’.

2007

  • Peluncuran produk pembiayaan konsumen “Salary Loan”.

  • Renovasi dan relokasi Kantor Cabang Pembantu Kelapa Gading, Jakarta untuk mendukung pengembangan bisnis Wealth Management.

  • Bank merenovasi dan merelokasi cabang pembantu Kelapa Gading untuk mendukung pengembangan bisnis Wealth Management

2008

Peluncuran “Factory and Sanitarium Workers Financing” – produk pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

2009

  • Peluncuran “Public Personal Loan” – produk kredit tanpa agunan; “Family Trust” – produk bancassurance hasil kerjasama dengan perusahaan asuransi PT Asuransi Allianz Life Indonesia, dan layanan Safe

  • Renovasi Kantor Cabang Pembantu Mangga Dua, Jakarta untuk mendukung dan pengembangan bisnis Wealth Management.

  • Pembukaan 2 (dua) Kantor Cabang Pembantu di Dago, Bandung (Surat Izin Bank Indonesia No.11/93/DPB2/TPB2/Bd tertanggal 30 Oktober 2009) dan Pluit, Jakarta (Surat Izin Bank Indonesia No. 11/719/DPIP/P

  • Pembukaan Kantor Fungsional Non-Operasional di Gedung Plaza Kaha, Jakarta berdasarkan Surat Persetujuan Bank Indonesia No 11/93/DPB2/TPN2-7 tanggal 16 Juni 2009.

2010

  • Pembukaan Kantor Cabang Pembantu di Darmo, Surabaya berdasarkan Surat Persetujuan Bank Indonesia No 12/17/DPIP/Prz/Sb tanggal 22 Maret 2010.

  • Penandatanganan nota kesepakatan dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia sebagai upaya memberi kemudahan pelayanan dan perlindungan risiko kepada nasabah.

  • Relokasi Kantor Cabang Bandung untuk mendukung pengembangan bisnis Perbankan Ritel.

  • Peluncuran 2 (dua) produk pembiayaan – ‘Cicilan Kredit Barang Tahan Lama’ dan ‘Kredit Pemilikan Rumah’ (KPR) serta fasilitas layanan e-BCI Internet Banking bagi nasabah korporasi.


2011

  • Pembukaan Kantor Cabang Pembantu di Puri Kencana, Jakarta berdasarkan Surat Izin Bank Indonesia No.13/74/DPIP/Prz tertanggal 2 Februari 2011.

  • Penerapan sistem perbankan (Core Banking System) ’Finacle’

2012

  • Peluncuran Kartu ATM/Debit Chinatrust, kerjasama dengan PT Rintis Sejahtera untuk jaringan ATM Prima dan Prima Debit.

  • Pembukaan Kantor Fungsional Non-Operasional di Semarang, Jawa Tengah berdasarkan Surat Persetujuan Bank Indonesia No 14/18/DPIP/Prz/Sm tanggal 24 Februari 2012.

2013

  • Peluncuran ‘Provesta Optimum’ – produk bancassurance berbasis unit link hasil kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia.

  • Perubahan nama PT Bank Chinatrust Indonesia menjadi PT Bank CTBC Indonesia berdasarkan Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 15/98A/KEP.GBI/2013 tertanggal 27 September 2013

  • Nama PT Bank Chinatrust Indonesia berubah menjadi PT Bank CTBC Indonesia setelah mendapat Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 15/98A/KEP.GBI/2013 pertanggal 27 September 2013

2014

  • Peluncuran ‘Tabungan Bambu’ – produk tabungan hasil kerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

  • Peluncuran 4 (empat) produk bancassurance sebagai hasil kerjasama dengan PT ACE Life Assurance, yaitu ACE Medic Link, ACE Trust Link, ACE Protec+ dan ACE Protek Siaga.

  • Peluncuran ‘Prime Value’ – produk bancassurance berbasis unit link hasil kerjasama dengan PT Commonwealth Life.

  • Peluncuran ‘Pay+’ – layanan transaksi keuangan bagi nasabah segmen perusahaan berupa pembayaran rutin gaji karyawan.

  • Peluncuran ‘CTBC Internet Banking’ – fasilitas layanan internet banking bagi nasabah perorangan.

  • Pengembangan usaha pemberian kredit khusus bagi segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

  • Pembukaan Kantor Fungsional (Non Operasional) di Semarang, Jawa Tengah berdasarkan Surat izin pembukaan kantor dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. S-315/KR.41/2014 tanggal 22 Oktober 2014.

2015

  • Penempatan tim tenaga pemasaran di Kantor Cabang Pembantu Pluit, Jakarta untuk mendukung perluasan pangsa pasar dan pengembangan usaha pemberian kredit khusus bagi segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM), April 2015

  • Peluncuran "CTBC Bill Payment" melalui ATM CTBC, fasilitas layanan pembayaran tagihan rutin (listrik, air, telepon Telkom, internet dan TV berlangganan) serta pembelian tiket kereta api dan aneka voucher isi ulang, Oktober 2015.

  • Pengembangan "CTBC Internet Banking" ,fasilitas layanan internet banking bagi nasabah korporasi dengan nama "CTBC e-Corp".

2016

  • Peluncuran layanan mobile banking sebagai pengembangan fasilitas pelayanan transaksi perbankan berbasis teknologi [digital banking] pada bulan Maret 2016.

  • Penempatan tim tenaga pemasaran wilayah Jakarta di Kantor Cabang Pembantu Kelapa Gading dan Puri Kencana untuk mendukung perluasan pangsa pasar dan pengembangan usaha pemberian kredit khusus bagi segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada bulan April dan September 2016.

  • Peluncuran 11 [sebelas] pilihan produk reksadana bagi nasabah pada bulan Agustus 2016 pengembangan produk-produk wealth management ini merupakan hasil kerjasama antara PT Bank CTBC Indonesia dengan PT BNI Asset Management, PT Eastspring Investments Indonesia dan PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen.

  • Peluncuran ‘ProteksiKu dan ProteksiKu Tetap’ produk bancassurance model referensi sebagai hasil kerjasama PT Bank CTBC Indonesia dengan PT Zurich Topas Life pada bulan Oktober 2016. Produk ini merupakan perlindungan untuk fasilitas kredit bagi debitur segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

  • Penandatangan nota kesepahaman kerjasama dengan The Nature Conservancy Indonesia dalam pengembangan ‘Tabungan Alamku’ pada bulan Desember 2016. Ini merupakan produk simpanan dalam mata uang Rupiah dengan salah satu fitur utama keuntungan bagi nasabah untuk turut menyumbang dana bagi pelestarian dan konservasi alam.

2017

20th Anniversary of PT Bank CTBC Indonesia

2018

  • Maret 2018: Perusahaan bergabung dalam jaringan Gerbang Pembayaran Nasional [GPN] sebagai bentuk upaya pengembangan fasilitas pelayanan transaksi perbankan berbasis teknologi [digital banking]. Hal ini makin memperluas jaringan transaksi ATM/Debit di seluruh Indonesia, termasuk di jaringan PRIMA dan ALTO.

  • Agustus 2018: Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama [PKS] dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Dukcapil] Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia tentang pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan [NIK], Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik [e-KTP].

  • September 2018: Peluncuran dua produk baru bancassurance, Q Life Legacy dan Q Protection. Kedua produk merupakan pengembangan wealth management sebagai hasil kerjasama antara PT Bank CTBC Indonesia dan PT Asuransi Jiwa Sequis Financial.

2019

Bekerja sama dengan :

  • PT Star Mercato Capitale ( tanamduit) untuk SBN/SBSN

  • PT Mandiri Manajemen Investasi untuk Produk Reksadana

2020

  • Penambahan sistem khusus untuk akses transaksi wealth management pada fasilitas layanan mobile banking untuk memperkuat infrastruktur dan meningkatkan kualitas layanan kemudahan pembelian produk hingga memantau laporan perkembangan portofolio investasi dari waktu ke waktu.

  • Peluncuran produk obligasi pemerintah Surat Utang Negara di pasar sekunder [secondary bonds]. Produk ini melengkapi variasi produk wealth management yang ditawarkan perusahaan berupa obligasi ritel di pasar perdana yang telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu.

2021

  • Penandatanganan kerjasama baru antara PT Bank CTBC Indonesia dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan meluncurkan 2 produk unit link baru yaitu Allianz Wealthlink Preferred Life dan Allianz Assetlink Maxima untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam memberikan perlindungan jiwa yang disertai Investasi.

  • Peluncuran dua produk bancassurance baru yaitu produk rider (asuransi tambahan), Q Payor Rider dan Q Hospital Rider. Kedua produk merupakan hasil kerjasama antara PT Bank CTBC Indonesia dan PT Asuransi Jiwa Sequis Financial dan akan melengkapi variasi produk wealth management yang ditawarkan perusahaan.

  • Peluncuran 6 produk reksa dana baru dengan 2 Manager Investasi yang akan melengkapi variasi produk wealth management yang ditawarkan oleh perusahaan, yaitu sebagai berikut :

    • PT Eastspring Investments Indonesia, yaitu :

      • Eastspring Investment Yield Discovery

      • Eastspring Syariah Equity Islamic Asia Pasific USD

      • Eastspring Syariah Greater China Equity

    • PT BNI Asset Management, yaitu :

      • BNI AM Pendapatan Tetap Makara Investasi

      • BNI AM ITB Harmoni

      • BNI AM Indeks IDX30

  • Peluncuran Produk Secondary Bonds dengan mata uang Dollar AS, sebagai variasi produk wealth management yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Peluncuran platform Digital Lending Web AIP, form aplikasi elektronik berbasis web untuk produk Public Loan (Dana Cinta), yang dapat memberikan persetujuan awal dalam waktu 60 detik.

  • Peluncuran CTBC Mobile Security Token (CMOST), peluncuran sarana otorisasi transaksi di Internet Banking Corporate yang lebih mobile yaitu CTBC Mobile Security Token (CMOST) yang berbentuk aplikasi dimana dapat diunduh di handphone pengguna pada tanggal 01 Oktober 2021,

  • Peluncuran Kemampuan Pembayaran PLN Secara Masal (Bulk Bill Payment PLN), peluncuran kemampuan pembayaran PLN dalam kondisi masal (Bulk Bill Payment PLN). Produk ini diperlukan bagi nasabah yang memiliki banyak lokasi usaha yang harus dibayarkan tagihan listriknya di setiap bulannya.

2022

  • Penandatanganan kerjasama dalam bentuk Anjak Piutang/ Channeling pertama kali antara PT Bank CTBC Indonesia dengan PT Akulaku Finance Indonesia pada tanggal 8 Februari 2022. Kerjasama ini akan memberikan kesempatan lebih besar dan mudah kepada nasabah dalam memperoleh pinjaman.

  • Bekerjasama dengan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang akan melengkapi variasi produk wealth management yang ditawarkan oleh Perusahaan, dan peluncuran tujuh produk reksa dana baru hasil dari kerjasama dengan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

    • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, yaitu :

      • Manulife Dana Saham Kelas A

      • Manulife Greater Indonesia Fund

      • Manulife Saham Syariah Asia Pasific Dollar AS

      • Manulife USD Fixed Income

      • Manulife Saham SMC Plus

      • Manulife Pendapatan Bulanan II

      • Manulife Saham Syariah Global Deviden Dollar AS Kelas A3

  • Peluncuran 6 produk reksa dana baru dengan 2 Manager Investasi yang akan melengkapi variasi produk wealth management yang ditawarkan oleh perusahaan, yaitu  sebagai berikut :

    • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, yaitu :

      • Batavia Dana Likuid

      • Batavia Disruptive Equity

      • Batavia Global ESG Syariah Equity USD

      • Batavia Teknologi Syariah Equity USD

    • PT Eastspring Investments Indonesia, yaitu :

      • Eastspring Investments Cash Reserve

      • Eastspring Syariah Fixed Income USD

  • Peluncuran Produk Asuransi Tradisional dengan nama Provesta Prime 110, sebagai bentuk kerjasama dengan PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia yang akan melengkapi variasi produk wealth management, khususnya Bancassurance, yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Penandatanganan kerjasama baru antara PT Bank CTBC Indonesia dengan PT Avrist Assurance dengan meluncurkan produk Asuransi Dwiguna Kombinasi yaitu Ultimate Protection Endowment Dollar untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam memberikan perlindungan jiwa yang disertai dengan imbal hasil berupa pembayaran kupon tetap setiap 6 bulanan selama masa kontrak polis.

  • Peluncuran Produk Asuransi Tradisional Baru, yaitu Q Critical Care Plus, bekerjasama dengan PT. Asuransi Jiwa Sequis Financial, yang akan melengkapi variasi produk wealth management, khususnya Bancassurance, yang ditawarkan oleh perusahaan

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan layanan transfer antar bank terbaru (BI-Fast) untuk dapat melengkapi sarana pengiriman uang antar bank. Layanan ini dapat digunakan oleh seluruh nasabah melalui teller dikantor cabang Bank CTBC dan CTBC Mobile Banking untuk pengiriman dana lebih hemat, cepat (real-time) dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan Produk Virtual Account pada tanggal 1 Desember  2022, yaitu metode pembayaran digital melalui rekening yang dibuat secara virtual untuk setiap pelanggan. Untuk melakukan pembayaran, pelanggan akan dirujuk ke Virtual Account masing-masing yang terdiri dari nomor ID pelanggan yang unik.

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan Produk Pembiayaan Rantai Pasokan (Pembiayaan Hutang Dagang), sebuah skema yang tersedia melalui program yang dipimpin pembeli, di mana penjual dalam rantai pasokan pembeli dapat mengakses pembiayaan untuk piutang mereka. Teknik ini memberikan pilihan kepada penjual untuk menerima nilai piutang yang didiskontokan sebelum tanggal jatuh tempo tagihan yang sebenarnya. Dalam hal ini, kewajiban pembayaran pembeli tetap pada tanggal jatuh tempo tagihan. Chain Payable Financing ini diluncurkan pada tanggal 8 Maret 2022 secara virtual

2023

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan Produk Letter of Credit ( L/C) dalam mata uang Chinese Yuan (CNY) pada tanggal 27 February 2023.

    • Bank CTBC Indonesia  telah menerbitkan L/C dalam mata uang IDR, USD, EUR, JPY & SGD dan saat ini telah dapat menerbitkan L/C dalam mata uang CNY, mengingat CNY terdaftar sebagai mata uang ke-4 yang paling banyak digunakan di Trade Finance Global dan Indonesia memiliki volume Impor dari Tiongkok yang tinggi. Selain itu, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Nasabah karena adanya beberapa persyaratan dari eksportir untuk melakukan transaksi dalam mata uang CNY

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan aplikasi “ViCA - Virtual CTBC Assistant” pada tanggal 28 Februari 2023

    • ViCA adalah sebuah aplikasi asisten virtual dari Bank CTBC Indonesia yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP) serta tetap didukung oleh  Agen khusus yang melayani dan memberikan solusi bagi transaksi perbankan nasabah.

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan Form Permohonan Fasilitas Trade Finance dengan format PDF pada tanggal 16 June 2023

    • Salah satu solusi untuk Nasabah dalam hal penyampaian instruksi transaksi trade finance kepada Bank dalam format PDF, untuk kemudahan, kecepatan serta efisiensi waktu dan biaya dalam bertransaksi.

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan Produk Pembayaran Massal untuk  tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) pada tanggal 27 September 2023

    • Produk Pembayaran Massal untuk tagihan PDAM yaitu layanan pembayaran tagihan air untuk nasabah korporasi yang memiliki banyak titik pembayaran dangan PDAM yang berbeda beda.

  • Bank CTBC Indonesia meluncurkan Produk Cash Sweep dan Standing Instruction pada tanggal 6 Desember 2023.

    • Cash Sweep adalah layanan yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi transfer dana antar rekening CTBC (pemindah bukuan) pada tanggal tertentu atau jangka waktu tertentu. Layanan dengan menggunakan Cash Sweep, dapat membantu nasabah dalam mengoptimalkan saldo rekening dan potensi pendapatan dari layanan giro, mengkontrol dana pada rekening dan efisiensi waktu

      Standing Instruction adalah layanan yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi pada tanggal efektif tertentu. Dengan menggunakan Standing Instruction, dapat membantu nasabah dalam mengurangi kebutuhan untuk melakukan transfer manual secara berkala, mengkontrol transfer dana dapat dilakukan secara berkala dan efisiensi waktu.

  • Internet Banking Korporasi Bank CTBC Indonesia (CTBC e-Corp) meluncurkan fitur transaksi dalam mata uang EURO pada tanggal 20 Desember 2023.

    • Penambahan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan transaksi pembayaran Nasabah  maupun konversi mata uang dalam mata uang EURO, selain IDR dan USD melalui aplikasi CTBC e-Corp

  • Peluncuran 3 (tiga) produk reksa dana baru yaitu BNI AM Indeks Growth30, BNI AM Indeks High Dividen 20 dan BNI AM Sri Kehati. Ketiga produk merupakan hasil kerjasama antara PT Bank CTBC Indonesia dan PT BNI Aset Management dan akan melengkapi variasi produk wealth management yang ditawarkan perusahaan.

  • PT Bank CTBC Indonesia bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia meluncurkan dua produk unit link baru yaitu Allianz Wealthlink Protection Life dan Allianz Assetlink Optima, yang merupakan bentuk penyesuaian terhadap SEOJK PAYDI yang baru yaitu SEOJK No.5 /SEOJK. 05/2022.

    Peluncuran dua produk asuransi tradisional baru sebagai bentuk kerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia, yaitu Allianz Life Secure PINTAR yang merupakan asuransi dwiguna dengan jangka waktu 10 tahun, serta Allianz Life LegacyPro yang merupakan asuransi jiwa tradisional dengan masa perlindungan sampai usia 100 tahun.